Saturday 1 October 2016

Apa Sih Itu Hidden MMR?

Setelah ngebahas Skill Bracket Dotabuff pastinya ada yang kepikiran, "Gimana kasusnya kalo ID baru yang belum kebuka MMR-nya tapi udah ada skill bracketnya?", jawabannya yaitu Hidden MMR, Hidden MMR adalah MMR yang hanya bisa di lihat saat si pengguna menggunakan dust of appearance, atau memasang sentry ward atau juga membawa gem of true sight. (?) WTF. Becanda doang wkwk, pernah nggak sih kalian kepikiran gimana caranya volvo mem-balance-kan Unranked Game/Match ? salah satunya ya pake Hidden MMR ini, dan dipostingan ini akan dibahas seluk-beluk tentang Hidden MMR tsb.

MMR means nothing

Apa itu MMR di Dota 2?

MMR merupakan kepanjangan dari Match Making Rating. Seorang player Dota 2 biasanya di anggap sebagai pro player saat MMR mereka cukup tinggi (di baca : tidak rendah), gw tulis "biasanya" ya, jangan baper XD. MMR adalah faktor utama saat melakukan matchmaking atau biasa disebut Finding Match di Dota 2, walaupun faktor utama MMR bukanlah satu-satunya faktor yang berpengaruh dalam match making. Ada 2 kategori dari MMR di dota 2
  • Normal MMR : MMR ini tidak terlihat di profile, tapi tersimpan di Database Dota 2. Kegunaan MMR ini adalah untuk menjaga agar Normal Match / Unranked Match tetap seimbang  atau Balance bagi kedua belah team. Balance in all things (*Ember Spirit's response LUL). Normal MMR juga berbeda-beda untuk Solo Match dan Party Match.
  • Ranked MMR : MMR ini dapat dilihat di profile dota 2, dan digunakan pada saat kita melakukan Ranked matchmaking, nilainya pun berbeda-beda/unik untuk setiap Solo Match, Party Match dan juga Team Match.
Jadi setiap player Dota 2 sebenarnya memiliki 5 MMR yang beragam, yaitu;
  • Solo Normal MMR : Digunakan saat player melakukan normal matchmaking sendirian.
  • Party Normal MMR : Digunakan saat player melakukan normal matchmaking bersama party/stack ( 1 -5 orang )
  • Solo Ranked MMR : Digunakan saat player melakukan ranked matchmaking sendirian.
  • Party Ranked MMR : Digunakan saat player melakukan ranked matchmaking bersama party (2/3/5 orang)
  • Team Ranked MMR : Digunakan saat player melakukan ranked matchmaking bersama Team dan menggunakan nama Team. (5 orang)

Terus apa itu Hidden MMR?

Hidden MMR ( Hidden Match Making Rating ) atau bahasa jawanya MMR tersembunyi, tersembunyi artinya ngga bisa di lihat, atau sengaja dibuat tidak terlihat. Jadi Hidden MMR itu ya sebenarnya Solo Normal MMR dan Party Normal MMR.

Hidden MMR show


Bagaimana cara kerja Hidden MMR?

Cara kerja Hidden MMR sebenarnya hampir sama dengan Ranked MMR itu sendiri. Plus jika menang, dan Minus jika kalah, simple. Tapi untuk Hidden MMR nilai plus dan minusnya masih relatif besar dan tidak stabil, sedangkan untuk Ranked MMR relatif stabil di +25/-25, walaupun kadang bisa juga +1/-50 wkwkwkw.

Nah sebenernya apa sih gunanya Hidden MMR ini? buat apa ada hidden mmr kalo udah ada MMR itu sendiri? Jawabnya ada diujung langit, kita kesana dengan seorang anak. LOL. Jawabannya ada di bawah, monggo dibaca tentang Kalibrasi MMR.

Kalibrasi MMR

Kalian pasti pernah denger tentang kalibrasi MMR/ MMR Calibration kan? MMR Calibration adalah Kalibrasi yang digunakan untuk menentukan nilai awal dari Ranked MMR di Dota 2, MMR Calibration di Dota 2 berlangsung selama 10 Match dan hanya bisa dilakukan saat ID yang bersangkutan mencapai Level 50 pada Experience Trophy.

Level 50 exp trophy


ID Player yang sebelumnya belum mempunyai Ranked MMR, akan mendapatkan Ranked MMR setelah melakukan MMR Calibration.

Nah disinilah peran utama dari Hidden MMR berlangsung. MMR Calibration sebenarnya adalah program untuk merubah Normal MMR (dibaca : Hidden MMR) menjadi Ranked MMR, "They take your hidden MMR from normal matches and use it as starting point", jadi inisialisasi dari Ranked MMR ya Normal MMR itu sendiri, setelah seorang player menyelesaikan ranked match pertamanya (bukan calibration match) Normal MMR dan Ranked MMR akan benar benar terpisah, dan masing-masing akan bertambah/berukurang berdasarkan jenis match yang dimainkan selanjutnya ( normal / ranked match ).

Jadi sekarang kita tau kalo Ranked MMR ditentuin dari Normal MMR, nah kalo Normal MMR sendiri ditentuin darimana? terus baca gan pasti ntar ketemu jawabannya, ok?

Bagaimana cara mengetahui Hidden MMR / Normal MMR?

Kita tidak bisa mengetahui Nilai pasti dari Hidden MMR atau Normal MMR, ngga bisa tau pastinya bro. Tapi kita bisa mengetahui RANGE nya, nah disinilah gunanya Skill Bracket pada Dotabuff berguna, Skill Bracket pada Dotabuff akan tetap terlihat pada Normal Match maupun Ranked Match, dari Skill Bracket dotabuff ini kita bisa tahu ada di posisi mana Normal MMR kita, untuk penjelasan mengenai Skill Bracket Dotabuff bisa dilihat disini :  Penjelasan Mengenai Skill Bracket di Dotabuff.

Inisialiasi Normal MMR

Kalo Ranked MMR kan inisialisasinya dari Normal MMR, nah kalo Normal MMR sendiri inisialisasinya darimana? Untuk pertanyaan ini masih belum diketahui jawaban pastinya, tapi ada 2 teori yang paling populer,

Teori yang pertama adalah Normal MMR awal ditentukan dengan jawaban dari Question "Welcome to Dota" yang akan muncul pada saat pertama kali bermain Dota 2 di ID yang bersangkutan.

Welcome to Dota

Kalo kalian pilih I've Played Dota 2 ada yang bilang Inisial Normal MMR kalian akan paling tingi dari opsi yang lainnya.

Teori yang kedua adalah Normal MMR dari setiap ID Baru adalah sama yaitu 3000 MMR, dibuktikan dengan match pertama dari setiap ID di dotabuff adalah Normal Skill/Highskill.

Belum ada jawaban pasti untuk bagaimana Normal MMR di Inisialisasi, hanya Valve yang tau, XD LUL tapi seenggaknya dengan asumsi begitu kita bisa sedikit paham dengan cara kerja MMR di Dota 2, dan yang paling penting bukanlah jawaban dari "berapa mmr lu?" "mmr lu brp ler, 4k?5k?6k? atau 1k? LUL" tapi yang terpenting adalah Keep Improving.

"I am in competition with no-one. I run my own race. I have no desire to play the game of being better than anyone, in any way, shape or form. I just aim to improve, to be better than I was before. That’s me and I am free." - Jenny G. Pery.

Sampe dimari dulu penjelasan tentang Hidden MMR, kalo ada hal yang belum jelas silahkan di tanyakan lewat komentar, yang mungkin nanti bakal gw jawab satu satu, XD.

Source: http://www.indotasia.com

2 comments: